Asuransi Sinar Mas
PT Asuransi
Sinar Mas Mas didirikan pada tahun 1985. Awal pendirian menggunakan
nama Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta sebelum kemudian mengganti
nama perusahaan di tahun 1991. Hingga saat ini, Asuransi Sinar Mas
(ASM) telah memiliki 179 jaringan kantor cabang/pemasaran/marketing poin
yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.
Asuransi
Sinar Mas telah diakui sebagai market leader di industri asuransi
Indonesia. Hal ini tak lepas dari komitmen Perusahaan untuk selalu memberikan
perlindungan bagi para nasabah kami serta didukung oleh misi untuk menyediakan
produk dan layanan yang inovatif serta semangat berkreasi dalam bidang
teknologi dan struktur informasi.
Perusahaan
juga diperkuat oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk melaksanakan
operasional perusahaan serta didukung oleh perusahaan reasuransi dalam dan luar
negeri.
PT Asuransi
Sinar Mas telah mendapatkan sertifikasi dari Fitch Ratings, agensi asal
Amerika Serikat sejak tahun 2010 hingga saat ini. Sertifikasi ini menandakan bahwa
peringkat kredit Perusahaan sehat dan stabil. Di tahun 2022, Fitch Ratings
kembali mengukuhkan kinerja keuangan dan prospek finansial PT Asuransi
Sinar Mas dengan tingkat AA+ serta prospek yang stabil. Peringkat kredit
yang dinilai oleh Fitch Ratings mencerminkan posisi PT Asuransi Sinar
Mas sebagai pemimpin pasar di Indonesia dengan status keuangan yang
stabil, modal yang kokoh dan manajemen reasuransi yang teliti, serta penuh
kehati-hatian.
Agensi lain
yang memberikan peringkat serupa terhadap PT Asuransi Sinar Mas, di
antaranya: Kredit Rating Indonesia (KRI) dengan rating AAA (ir) Outlook Stable
dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dengan rating AA” with stable
outlook. Dalam upayanya untuk dapat melakukan kegiatan sesuai dengan praktek
bisnis sesuai dengan standar pedoman ISO. Sertifikasi ISO yang telah diraih
adalah ISO 31000 – 2018 Manajemen Risiko, ISO 37001 –
2016 Sistim Manajemen Anti Penyuapan, ISO 27001 – 2013 Sistim
Manajemen Keamanan Informasi, ISO 19600 – 2014 Sistim Manajemen
Kepatuhan, ISO 14001 – 2015 Sistim Manajemen Lingkungan, ISO
45001 – 2018 Sistim Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja, ISO
9001 – 2014 Sistim Manajemen Mutu, dan ISO 26000 – 2010 Tanggung
Jawab Sosial.
Perusahaan
telah berulang kali dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia
atas pencapaian kinerjanya, di antaranya melalui penghargaan Insurance Market
Leaders Award dari Majalah Media Asuransi ; Best Insurance Award dari Majalah
Investor ; Asuransi Terbaik dari Media Asuransi; Top GRC Awards, Top CSR
Awards, dan lainnya.
Asuransi
Sinar Mas memiliki komitment untuk melakukan pembayaran klaim secara
cepat. Berbagai kondisi yang dihadapi tidak mengurangi komitment Perusahaan
untuk tetap melakukan pembayaran klaim secara cepat, tepat dan terpercaya. Bagi
PT Asuransi Sinar Mas, tak ada yang lebih penting daripada kepuasan dan
kebutuhan nasabah, terutama di momen-momen krusial bagi mereka.
Peningkatan
layanan bagi nasabah juga terus dilakukan melalui berbagai inovasi layanan.
Menyelaraskan dengan perkembangan digital, Asuransi Sinar Mas telah
menyiapkan berbagai layanan digital bagi para nasabah melalui mobile
apllication Asuransi Sinar Mas Online, website sinarmas.co.id serta
berbagai website produk. Layanan digital meliputi informasi produk, pembelian asuransi,
pengajuan klaim, cek progress klaim, hingga layanan pendukung seperti
konsultasi dokter simas sehat, informasi rumah sakit provider, dan lain-lain.
Perusahaan
senantiasa berkomitmen untuk terus dan selalu ada bagi lingkungan dan
masyarakat di sekitar. Ragam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)
telah dilaksanakan seperti program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan
melalui Rumah Kreatif Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara
kemudian aksi berbagi paket sembako bagi masyarakat kurang mampu, Wakaf Al
Quran, bantuan untuk penataan lingkungan kumuh, pelatihan hidroponik, penanaman
pohon, dan lain sebagainya. Saat pandemi COVID-19, Asuransi Sinar
Mas sadar bahwa pandemi bukan saja jadi ancaman terhadap kesehatan, tapi
juga ancaman terhadap ekonomi masyarakat. Perusahaan mendukung upaya penanganan
pandemi yang dilakukan pemerintah dengan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi
COVID-19 bagi karyawan, nasabah dan juga masyarakat umum.
Untuk
meningkatkan pemahaman masyarakat akan keuangan, Asuransi Sinar
Mas melaksanakan kegiatan edukasi keuangan. Target peserta literasi
bervariasi dari berbagai kalangan, mulai dari siswa dan pengajar tingkat TK-
SD-SMP-SMA-Perguruan Tinggi, petani, nelayan maupun UMKM. Cakupan wilayah
penyelenggaraan literasi keuangan pun di berbagai wilayah di Jawa, Sumatera,
Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur hingga Papua.
Kegiatan
edukasi ini dilakukan dalam rangka mendukung Program Otoritas Jasa Keuangan
(OJK), kami percaya bahwa upaya perusahaan untuk membantu masyarakat agar
“melek finansial” sangatlah penting. Sebagai tambahan, PT Asuransi Sinar
Mas mengambil inisiatif untuk memberikan Asuransi Simas
Mikro dan Celengan Impian secaragratis bagi para peserta aktivitas edukasi
agar mereka dapat merasakan manfaat asuransi.
Besar harapan
kami agar semua warga Indonesia dapat menyambut masa depan mereka dengan penuh
keyakinan dan semangat tinggi, karena PT Asuransi Sinar Mas akan
selalu hadir untuk segala kebutuhan perlindungan mereka demi Indonesia maju.